diciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah utk beribadah kepd Allah…Qs.adz dzaariyaat(51):56

Dr buku judul:fathul Majid-penjelasan kitab tauhid(membersihkan Akidah dari racun syirik) oleh syaikh abdurrahman hasan alu syaikh

diteliti oleh syaikh abdul aziz abdullah bin baz

tentang bab: diciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah utk beribadah kepada Allah…Qs.adz dzaariyaat(51):56

Surah:51.Az-Zariyat.
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Syaikhul islam berkata,”Makna ibadah adalah taat kepada Allah dengan menjalankan apa yang telah diperintah-NYa melalui lisan2 para rosul

Beliau berkata lagi,”Ibadah adalah hal yang mencangkup segala perkataan dan perbuatan, baik yang zhahir maupun yang batin yang dicintai dan di ridhoi oleh Allah.”

Imam Al Qurthubi berkata,”Asal makna ibadah adalah merendahkan diri dan tunduk.

Setiap tugas2 keagamaan yang dibebankan atas orang2 mukallaf dinamakan ibadah, karena mereka melakukan hal itu secara konsisten dengan penuh ketundukan dan kerendahan diri kepada Allah Ta’ala

Sedangkan makna diatas (Adz-Dzaariyat(51):56):bahwasanya Allah Ta’ala memberitahukan bahwa Dia tidak menciptakan manusia dan jin melainkan untuk beribadah kepada-NYA

Inilah hikmah diciptakannya semua mahluk-NYA

Masih menurut Imam Al Qurthubi :’yang dimaksud adalah hikmah yang terkait dengan syariat

Al Imad Ibnu Katsir berkata:”Beribadah kepada-NYA adalah taat kepadaNYA

dengan menjalankan perintah dan meninggalkan larangan.
Yang demikian itulah subtansi dari agama Islam

menyerahkan diri kepada Allah Ta’ala yang mencangkup kepatuhan, kerendahan, dan ketundukan dengan penuh”demikianlah perkataan beliau

Beliau berkata lagi mengenai penafsiran ayat tersebut
“makna ayat tersebut adalah bahwa Allah menciptakan seluruh makhluk agar menyembah-NYA semata, Tidak ada sekutu bagi-NYA

Barangsiapa yang taat kepada-NYA, maka Dia akam membalasnya dengan imbalan yang paling sempurna ;dan barangsiapa yang berbuat maksiat kepada-NYA, maka Dia akan mengazabnya dg azab yang paling pedih

Dia Ta’ala juga memberitahukan, bahwasanya Dia tidak memiliki hajat kepada mereka.
Bahkan merekalah orang2 yang amat berhajat kepada-NYA, dalam setiap kondisi mereka, sebab Dia adalah Pencipta dan Pemberi rezeki mereka

Ali bin Abi Thalib RA berkata–berkenaan dg ayat tersebut
(Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia) melainkan agar Aku (Allah) memerintahkan mereka untuk menyembah-KU
dan mengajak mereka untk beribadah kepada-KU

.”Mujahid berkata,”Melainkan agar Aku(Allah) memerintahkan dan melarang mereka .”Penafsiran ini dipilih oleh Az-Zajjaj dan Syaikhul Islam.

Selanjutnya Ibnu Katsir berkata:”diantara ayat yang mendukung penafsiran tersebut adalah firmannya Qs Al Qiyammah 75:36
. Surah:75.Al-Qiyamah. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)

Imam Syafi’i berkata –berkenaan dengan maksud ayat diatas .”Dibiarkan begitu saja tanpa diperintah maupun dilarang.”

Allah ta’ala berfirman dalam banyak tempat didalam Al-quran:Sembahlah Tuhanmu
Qs Al Baqarah (2):21
. Hai manusia, sembahlah Tuhan-mu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertaqwa.

dan Qs Al hajj 22:1
Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).

jadi Allah Ta ala berfirman dalam banyak tempat di dalam Alquran:Qs.Al baqarah 2:21(sembahlah Tuhanmu); Qs al Hajj 22:1 (Bertakwalah kepada Tuhanmu)

Didalam ayat-ayat tersebut, “Allah Ta’ala memerintahkan mereka sesuai dengan tujuan yang karenanya mereka diciptakan dan diutusnya para Rosul.

Makna semacam inilah yang secara Qath’i dimaksudkan oleh ayat tersebut:yaitu sebagimana yang dipahami oleh kebanyakan kaum muslimin dan dengannya mereka berhujjah.

Ibnu Katsir berkata lagi mengenai ayat tersebut, “Ayat ini serupa dengan makna firmanNYA,

Qs An-Nisa(4):64
“. Dan kami tidak mengutus seseorang rasul, melainkan untuk dita’ati dengan seijin ¬Allah¬. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada ¬Allah¬, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati ¬Allah¬ Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Dr ayat an-nisa 4:64 Dimana seorang Rosul terkadang dipatuhi dan terkadang didurhakai
Begitupula , Tidaklah… Dia menciptakan mereka melainkan untuk beribadah kepada-NYA ,namun terkadang mereka beribadah dan terkadang tidak melakukannya

Allah Ta’ala tidak berfirman,”sesungguhnya Dia melakukan perbuatan yang pertama, yaitu menciptakan mereka agar Dia membuat mereka semua melakukan perbuatan yang kedua, yaitu beribadah kepada-NYA “.

Akan tetapi Dia Ta’ala.menyebutkan, bahwa Dia melakukan perbuatan yang pertama agar merekalah yang melakukan . perbuatan yang kedua ,sehingga dengan demikian merekalah orang yang melakukan perbuatan itu

Maka bila dilakukan seperti itu mareka akan mendapatkan kebahagiaan atas usaha mereka sendiri dan mendapatkan apa yang dicintai dan dirodhoi oleh-NYA

untuk kepentingan mereka;”Demikian perkataan ibnu Katsir

Makna semacam itu diperkuat oleh beberapa hadits yang mutawatir,
diantaranya hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim
dalam kitab Shahihnya dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu
dari NAbi Muhammad shalallahu Alihi wasallam
, beliau bersabda :”Allah Ta’ala berfirman kepada penghuni neraka yang paling ringan adzabnya,”andaikata…engkau memiliki dunia dan apa yang ada di dalamnya ditambah yang seperti itu lagi..,apakah engkau akan menebus dirimu dg semua itu?”Orang itu menjawab: “YA. “lalu Dia berfirman lagi

.”Sungguh Aku telah menghendaki darimu yang lebih ringan dari itu manakala engkau masih tulang rusuk Adam, yaitu agar engkau tidak menyekutukan -KU

(Kemudian perawi ragu-ragu dan berkata:”Aku mengira selanjutnya Allah Ta’ala berfirman lagi”)

“Dan Aku tidak akan memasukkanmu kedalam neraka, namun engaku enggan untuk itu bahkan sebaliknya hanya memilih utk berbuat syirik
Diriwayatkan oleh muslim, Ahmad dan BUkhari

Orang yang berbuat syirik ini telah menyalahi kehendak-NYA
agar dia mentauhidkan-NYA, dan tidak menyekutukan-NYA dengan sesuatu apapun.
Namun dia tetap menyalahi kehendakNYA
dan menyekutukan-NYA dengan selain-NYA

Kehendak (iradah) semacam ini dinamakan Iradah Syarri’iyah Diniyyah sebagaimana yang telah disebutkan terdahulu

jadi,antara makna Iradah Syari’iyah Diniyyah dan Iradah Kauniyyah Qadariyyah terdapat sisi makna yang umum dan khusus yang mutlak.Keduanya terpadu pada seseorang yang berbuat ikhlas (bertauhid) dan taat

Namun Iradah Kauniyyah Qadariyyah terdapat pada seorang yang berbuat maksiat. Maka pahamilah hal seperti ini

Niscaya anda akan selamat dari kebodohan yang dilakukan oleh ahlul kalam dan para pengikut mereka
==============================================================

bab selanjutnya adalah:Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus Rosul pada setiap umat(untuk menyerukan),Beribadahlah kepada Allah(saja) dan jauhilah Thaghut “(Qs An nahl 16:36)

————————————–umsa/jogya/26/4/09/subuh———————————————
dinukil oleh umsa utk obat@jaib dr buku fathul majid ,pustaka azzam,syaikh abdurrahman hasan alu syaikh.

About these ads

One comment on “diciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah utk beribadah kepd Allah…Qs.adz dzaariyaat(51):56

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s